Translate

Home » » Radang Gusi / Gingivitis

Radang Gusi / Gingivitis


Radang Gusi / Gingivitis :
Peradangan gusi atau kerap disebut gingivitis adalah penyakit jaringan penyangga gigi yang paling ringan. Radang gusi seringkali disebabkan oleh kurangnya kebersihan mulut yang mana akan memicu pembentukan plak.

Radang gusi biasanya terjadi karena penumpukan plak / jigong di sekitar gusi. Di dalam plak gigi berkumpul bakteri-bakteri yang menghasilkan toxin atau racun yang akan mengiritasi gusi dan menyebabkan infeksi. Saat tubuh mengeluarkan respon imun untuk melawan infeksi maka gusi akan mengalami peradangan. Semakin lama, plak dapat menyebar dan berkembang sampai di bawah garis gusi. Gusi akan dilepaskan dari gigi dan membentuk pocket / kantong gusi, semakin lama semakin dalam sehingga merusak jaringan gusi, jaringan penyangga dan tulang alveolar.

Seringkali gejala dari proses kerusakan ini tidak dirasakan mengganggu dan berjalan lambat. Penderita radang gusi biasanya hanya merasakan sedikit ketidaknyamanan, sehingga kebanyakan kurang memperdulikannya. Padahal jika berlanjut, radang gusi akan berkembang menjadi radang jaringan penyangga gigi dan dapat berakhir dengan tanggalnya gigi. Oleh karena itu penting sekali untuk mengenali tanda-tanda radang gusi.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentar lah yang baik.... Jika memakai link hidup dalam komentar, maka akan langsung dianggap spam oleh mesin blog.

Pengikut

Postingan Terbaru


Like us on Facebook
Follow Me on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS